RPP bahasa Arab

Contoh RPP yang  belum bener,, penulis cuma ingin RPP-nya ada di wordpress jadi jangan di IKuti , thanks

 

Satuan Pendidikan      : MTs N

Kelas / Semester          : IX/1

Mata Pelajaran            : Bahasa Arab

Standar Kompetensi   :1. Mendengarkan/ISTIMA’(Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk

Paparan atau dialog sederhana tentang upacara –upacara keagamaan (  الدينية المنا سبات)

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI

PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

1.1 mengidentifikasikan  bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata,frase, atau kalimah) tentang:   

الدينية المنا سبات dengan menggunakan struktur

الجملة الفعلية, الفعل المضى, لم, لا النية

 

1.2 menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang:

الدينية المنا سبات dengan menggunakan struktur

الجملة الفعلية, الفعل المضى, لم, لا النية

 

1.3 merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang:

الدينية المنا سبات  dengan menggunakan struktur

الجملة الفعلية, الفعل المضى, لم, لا النية

 

 

Melengkapi kalimat rumpang dengan kata yang tepat sesuai dengan isi wacana lisan tentang upacara keagamaan.

 

Mengidentifikasikan jumlah fi’iliyah, fiil mahdi, dan la nahyi.

 

Menentukan fungsi-fungsi penggunaan jumlah fi’iliyah, fiil mahdi, dan la nahyi, dalam kalimat.

 

Memberi pendapat langsung dari wacana lisan yang diperdengarkan

 

Melakukan percakapan pendek tentang wacana lisan yang diperdengarkan

 

 

Menjawab pertanyaan wacana lisan tentang upacara keagamaan. Mendengarkan wacana lisan

 

Melengkapi kalimat rumpang dengan kata-kata yang tepat.

 

Menunjukkan kalimat yang sesuai dengan wacana lisan.

 

Menunjukkan fungsi penggunaan jumlah fi’iliyah, fiil mahdi, dan la nahyi, dari wacana lisan

 

Menyebutkan kosakata baru tentang acara keagamaan dari wacana lisan

 

Menentukan shohih dan khoto’ nya dari wacana lisan tersebut dengan menggunakan struktur jumlah fi’iliyah, fiil mahdi, dan la nahyi, dalam kalimat

Tes lisan

Tes tulis

1x 40 Teks wacana tentang perayaaan keagamaan

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Standar Kompetensi           :  BERBICARA/KALAM (mengungkapkan pikiran perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan  atau dialog sederhana tentang upacara-upacara keagamaan )

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

2.1  melakukan dialog sederhana tentang الدينية المنا سبات  dengan menggunakan struktur kalimat jumlah filiyah, fiil madhi,lam, la nahyi

 

2.2  menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang : الدينية المنا سبات dengan menggunakan struktur kalimat jumlah filiyah, fiil madhi,lam, la nahyi

 

Melengkapi kalimat rumpang dengan kata yang tepat sesuai dengan isi wacana tentang upacara keagamaan.

 

Mengidentifikasikan jumlah fi’iliyah, fiil mahdi, dan la nahyi.

 

 

Memberi pendapat langsung dari wacana

 

 

 

Mempraktekkan wacana dan menjawab pertanyaan dari wacana tersebut. Memperaktekkan kegiatan dari wacana tersebut dalam bentuk percakapan.

 

Mengungkapkan kembali wacana tersebut dengan menggunakan kata-kata sendiri

 

Menjawab pertanyaan dari wacana tersebut

 

Menemukan kalimat-kalimat yang rumpang daan menggantinya dengan yang benar.

 

 

Tes lisan seperti bertanya jawab

 

Melihat kefasehan siswa dalam mengucapkan kalimat bahasa arab, dari segi makhrijul huruf.

1x 45 Teks wacana tentang upacara keagamaan

 

 

3. Standar Kompetensi : MEMBACA/QIRA’AH (memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang upacara keagamaan

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

3.1  melafalkan huruf hijaiyah kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang : الدينية المنا سبات dengan menggunakan struktur kalimat jumlah filiyah, fiil madhi,lam, la nahyi

 

3.2  mengidentifikasikan kata, ftase, dan kalimat wacana tertulis sederhana tentang :  الدينية المنا سبات dengan menggunakan struktur kalimat jumlah filiyah, fiil madhi,lam, la nahyi

 

3.3  menemukan makna, gagasan, atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang: : الدينية المنا سبات dengan menggunakan struktur kalimat jumlah filiyah, fiil madhi,lam, la nahyi

Menjawab pernyataan sesuai dengan kandungan bahan bacaan

 

Memilih shohih dan khoto sesuai dengan kandungan wacana upacara keagamaan

 

Menjodohkan kata-kata yang sesuai dengan bacaan (antonym-sinonim) dari wacana upacara keagamaan

 

Menyusun kalimat sesuai urutan peristiwa dalam wacana upacara keagamaan

 

Membaca potongan kalimat tanpa harokat dengan benar

 

Membaca wacana tentang upacara keagamaan dengan makhraj dan intonasi yang benar.

 

Membuat kesimpulan dari bacaan

Membaca teks wacana tentang upacara keagamaan Membaca potongan kalimat tanpa harokat dengan benar

 

Membaca teks wacana tentang upacara –upacara keagaamaan

 

Menjawab pertanyaan dari wacana upacara-upacara keagamaan

 

Menentukan struktur kalimat jumlah filiyah, fiil madhi,lam, la nahyi dalam bacaan

 

 

Tes lisan

Tes tulis

  Teks wacana tentang upaca-upacara keagamaan

 

4. Standar Kompeten : MENULIS/KITABAH (mengungkapkan pikiran,perasaan, pengalaman dan informasi, melalui kegiatan menulis tentang upacara-upacara keagaaman

 

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR

MATERI PEMBELAJARAN

KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENILAIAN

ALOKASI WAKTU

SUMBER BELAJAR

4.1 menulis kata,frase, kalimat sderhana tentang: الدينية المنا سبات dengan menggunakan struktur kalimat jumlah filiyah, fiil madhi,lam, la nahyi

 

4.2 mengungkapkan informasi dan gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang: الدينية المنا سبات dengan menggunakan struktur kalimat jumlah filiyah, fiil madhi,lam, la nahyi

 

Menyalin dan menulis kembali wacana upacara-upacara keagamaan dengan baik dan rapi

 

Menyusun kalimat dengan menggunakan struktur kalimat jumlah filiyah, fiil madhi,lam, la nahy

 

Menyusun beberapa kalimat menjadi kalimat sederhana

 

Menulis paragraph sederhana tentang upacara-upacara keagaamaan yang pernah dialami

 

Membuat kalimat sempurna dari kata-kata sulit yang terdapat dalam wacana

 

Memberi harakat yang sesuai dengan kalimat

 

 

Menulis paragraph sederhana dengan menggunakan struktur jumlah fi’liyah, fiil madi, lam, dan la nahy Menulis dan menyalin huruf dan kata arab dari wacana dengan rapi dan benar

 

 

Menulis wacana tentang upacara-upacara keagaamaan dengan menggunakan struktur jumlah fi’liyah, fiil madi, lam, dan la nahy

Menjawab soal dari wacana

 

Menterjemahkan isi wacana

 

Menentukan harakat dari wacana

Tes tulis

Porto folio

1×40

Buku teks

Kamus

Table fiil mahdi

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: